• Burdah / Ur Baur Tolak Bala Unik Di Gunung Sereng




    Letak geografis suatu daerah sangat menentukan terjadinya bencana alam yang terjadi di desa tersebut. Kejadian alam yang ada di sini, hampir tidak ada sama sekali. Meskipun disini merupakan dataran tinggi, potensi berada di dataran tinggi adalah gempa, kebakaran atau longsor, namun disini tidak ada/tidak pernah terjadi sama sekali terjadinya gempa ataupun lainnya. Meskipun pernah terjadi itupun tidak pernah berdampak parah, karna terjadi hanya di dataran yang paling tinggi di desa tersebut.
    Tidak pernah adanya kronologis terjadinya bencana alam seperti kebakaran hutan yang mengakibatkan rumah warga yang terkena imbasnya. Keperdulian masyarakatpun yang meminimalisir potensi terjadi bencana alam. Pembakaran yang tidak berlebihan, memang seharusnya dijadikan patokan, keperdulian terhadap sesama untuk tetap melestarikan lingkungan sekitarnya yang dapat meminimalisir ini semua.
    Beberapa masyarkat tidak seringya terjadinbencan alam di desa ini juga berkat acara adat yang dilakukan di bukan tertentu selama satu minggu full. acara ini bernama Burdah atau UrBaur menruru masyarakat setempat. acara ini adalah mengelilingi desa seluruh dusun tertentu yang kemudian membcaakn ayat ayat suci alquran dan sholawatan selama perjalanan. dan beberap warga yang mampu meyediakan makanan minum serta snack selama perjalanan

    Perjalana Selama Acara Adat
    Makan Disalah Satu Rumah Warga Saat Perjalanan
    Berdoa Saat Telah Menyelesaikan Perjalanan



  • 0 komentar:

    Posting Komentar