• Model & Inovasi Pengembangan Produk Krupuk Sawo




    Program mengenai inovasi pengembangan produk Krupuk sawo menggunakan potensi desa yang ada di desa Gunung Sereng, melimpahnya  pohon sawo menjadikan ini ide dari adanya inovasi membuat kripik sawo. Sawo yang di dapatkan dari dusun 
    Ada beberapa tempat yang berpotensi memiliki sawo terbaik yang pernah ada di Gunung Sereng. Sawo yang dikenal sebagai sawo termanis daripada sawo dari desa lainnya tepatnya di dusun Parseh  Beih. Ada beberapa cara untuk mendapatkan buah sawo yang matang. Dari yang paling unik, yaitu kita mengikuti cara Bapak Amir Hamzah salah satu warga di Dusun Parseh ada cara yang dapat mematangkan sawo lebih cepat. Beliau menyebut cara tersebut dengan istilah “e pasakek ateh”. Cara mematangkan sawo tersebut sangat unik yaitu dengan menggunakan bambu yang ditusukkan ke pangkal buah sawo. Cara seperti itu kira-kira dapat mematangkan sawo sekitar 2-3 hari.


    Unik memang sebutan lokal yang kami dengar namun jika tidak menggunakan cara tersebut sawo akan matang sekitar 7 hari. Berikutnya cara kedua, dengan cara dikarbit  seperti pengkarbitan buah lainnya atau dalam bahasa madura disebut “e okep” dan akan matang sekitar 3-4 hari.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar