• Senam Sehat Lansia, Makin Tua Makin Sehat



    Kesehatan menjadi tolak ukur pertama yang harus di perhatikan, banyaknya penyakit yang sering di alami oleh kaum lansia menjadikannya sebagai salah satu ide yang harus di tuangkan ke dalamnya demi memperoleh pencegahan terbaik dalam mengatasinya.
    Dengan bermodalkan ide, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan bagi lansia sangat diperlukan. Kurangnya perhatian pada diri sendiri yang sering dilakukan oleh lansia menjadikan ide dasar dari program ini. Bidan di Desa Gunung Sereng telah memiliki program kerja juga yaitu senam sehat, melibatkan banyak ibu-ibu desa ini, maka dari itu kita bekerjasama dengan bidan setempat untuk mejalankan secara bersama.
    Senam sehat lansia yang biasanya dilakukan ibu-ibu posyandu kamboja dusun Gunung Sereng rutin dilakukan pada hari Rabu dan Sabtu. Senam ini biasanya di instrukturi oleh Ibu Suani, gerakan senam terdiri dari tiga tahap, tahap pertama pemanasan, tahap kedua gerakan inti dan tahap ketiga pendinginginan. Gerakan-gerakan senam yang dilakukan dikhususkan agar para lansia terhindar dari penyakit rematik, asam urat dan pegal-pegal.
    Gerakannya tergolong ringan dan santai agar para lansia merasa sehat dan bugar setelah melakukan senam. Banyak para peserta yang usianya diatas 50 tahun, tetapi masih semangat untuk datang dan berpartisipasi dalam senam tersebut. Semangat para ibu-ibu ini patut di acungi jempol, karena sebagian besar masyarakat pedesan sudah jarang yang peduli akan kesehatan, biasanya dari pada melakukan olahraga ringan setiap hari mereka lebih memilih untuk beres-beres rumah atau pergi ke pasar. Padahal dengan melakukan olahraga ringan seperti halnya senam, memiliki manfaat yang penting bagi tubuh, diantaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar aliran darah, mengurangi stres dan meningkatkan stamina.


     Meskipun umur sudah menua tetapi kepedulian mereka akan kesehatan  melebihi anak muda, di usia senja mereka masih tetap semangat, datang pukul 08.00 WIB dengan seragam warna hijau kebanggaan mereka, para ibu-ibu lansia berbaris dan dengan semangat mengikuti gerakan-gerakan senam yang dilakukan oleh instruktur. Setelah kegiatan senam usai, biasanya ibu-ibu akan iuran sebanyak 2000 rupiah, uang ini akan digunakan untuk keperluan bersama, seperti hanya untuk membeli stik gula darah, cek kolestrol, dan membeli peralatan senam yang dibutuhkan.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar