• Survey Dan Peta Pus



    Salah satu program kerja dari KKN 27 UTM adalah bekerjasama dengan BkkbN untuk mendata sebagian maupun keseluruhan masyarakat Desa Gunung Sereng yang termasuk dalam PUS (Pasangan Usia Subur). Sebagai output dari kerjasama tersebut berupa peta PUS, penyuluhan KB (Keluarga Berencana) dan pembentukan kelompok KB yang di dalamnya akan diisi dengan berbagai sosialisasi maupun penanganan mengenai hal-hal yang perlu dibenahi di desa terkait KB.
    Survey dilakukan selama 3 hari dan dibantu dengan data yang telah ada sebelumnya dari posyandu.rumah kerumah dikunjungi untuk mendapatkan data terkait pasangan usia subur. Dusun yang difokuskan dilakukan pemetaan hanyalah dusun Gunung Sereng, karena dijadikan kampung percontohan untuk kampung KB daripada dusun dusun lainnya. Berbagai informasi dari hasil pemetaan sangat bervariasi, karena dalam penggunaan KB ada yang memakai suntik dan ada pula yang memakai pil. Selain itu banyak warga yang tidak melakukan KB, dengan alasan dulu tidak ada KB, suaminya merantau, dan ada pula yang mengatakan tidak cocok menggunakan KB sehingga memutuskan untuk berhenti KB. Bagi para ibu hamil mereka berhenti sementara dalam menggunakan KB, setelah melahirkan mereka baru menggunakan KB lagi.
    Hasil Survey kemudian dipetakan dan divisualisasikan dalam bentuk maps atau peta yang kemudian dicetak dan diperbesar untuk dimasukkan dalam rumah data yang telah dibuat sebelumnya.  

  • 0 komentar:

    Posting Komentar