• Transportasi, Komunikasi, Dan Media Informasi Gunung Sereng

    Gambar Oleh Andi, El-Mesura

    Sebagai salah satu hal untuk memudahkan warga dalam menjalankan profesinya adalah alat transportasi. Angkutan atau alat transportasi yang sering digunakan warga Gunung Sereng masih bisa dikatakan desa modern, banyak warga yang telah memiliki kendaraan bermotor roda dua untuk kegiatan sehari-hari, namun ada juga sebagian yang masih berjalan kaki untuk menuju tempat tujuan atau untuk pergi bekerja. Ada beberapa pula yang memiliki kendaraan roda 4, namun jumlahnya lebih sedikit. Warga yang memiliki pekerjaan berdagang dipasar memilih untuk menumpang pada warga lain yang memiliki mobil khususnya Pick up untuk pergi kepasar.
    Mengenai alat komunikasi, ada yang memiliki alat canggih seperti android, ada juga yang memiliki handphone yang kurang canggih, dan bahkan tidak memiliki alat komunikasi sama sekali. Meskipun mereka memiliki handphone seperti android tetapi mereka kurang mengerti beberapa aplikasi yang sudah umum, yang banyak di gunakan masyarakat pada umunya seperti whatsaap mereka kurang mengerti mengenai aplikasi tersebut, yang mereka pahami hanya instagram, youtube dan facebook. Sebagian warga masyarakat gunung sereng terutama yang lansia juga kurang mengerti bahkan ada sebagian yang tidak mengerti bahasa ibu yaitu bahasa indonesia. Mereka hanya  mengerti dan bisa di ajak bicara dengan bahasa daerah mereka sendiri.
    Informasi yang terdapat dan sudah ada di sini sangat minim informasi apalagi dari luar. Kurangnya pengoptimalan alat komunikasi yang telah di dapat menjadi permasalahan tersendiri. Kurangnya komunikasi yang di dapat dari luar karna mereka hanya  mengenal sebatas kenal saja, tidak memperdalam ilmu yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan kepala desa serta apel disetiap dusunnya yang kurang mendapat informasi dari luar menjadikan desanya kurang maju dan sangat ketinggalan zaman. Kurangnya ke efektifan kepala desa juga menjadi penentu dari masa depan desa tersebut.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar